Sabtu, 16 Maret 2013

Kiat MoveOn



CINTA,suatu perasaan yang aneh, ketika dia datang rasanya berjuta-juta, mulai dari jadi senyum terus kayak orang gila, gak sensi kalo dikatain, dan kita jadi lebih semangat ngejalanin hidup. Tapi itulah cinta, ketika dia datang rasanya berjuta, tapi kalo pergi Cuma satu “nyesek” gue juga bingung kenapa bisa begitu.


Ngomongin cinta pagi-pagi begini (gue nulis ini jam 02.13 pagi) ngebuat gue jadi inget cinta pertama gue, jadi inget waktu gue pertama kali ngobrol sama dia, bercanda, saat pertama kali kita baikan dengan cara jari kelingking kita yang sama-sama saling mengait terus kita sama-sama mengakui kesalahan masing-masing, dan yang paling gue inget dari obrolan pertama gue sama dia adalah ketika gue dan dia ngucapin kata yang sama, kita sama-sama ketawa pada saat itu, bagi gue itu adalah momen yang gak bisa gue lupain, gue gaktau kalo dia inget hal itu juga apa enggak, tapi yang jelas kejadian konyol gue dan dia itu gak bakal gue lupain.


Tapi semua itu cuma kenangan, gue sama dia udah putus, gue juga gak tau kenapa bisa secepat ini, yang jelas mungkin karena kita sama-sama udah gak cocok. Di dalam kegalauan, Gue jadi berfikir kalo cinta itu mirip rumah, kenapa? Karena menurut gue rumah adalah tempat yang nyaman, sama aja kayak kalo misalnya kita disebelah orang yang kita suka, rasanya nyaman kan? Rumah bisa kita pakai menetap berlama-lama kan? Mungkin sampai kita mati, kita ada dirumah itu bukan? Dan kalo kita udah gak ngerasa nyaman sama rumah yang lama kita, kita bisa pindahkan? Dan akhirnya gue berubah menjadi “Cakra Khan” Kan? *kan * kan *kan…


Cinta = Rumah, berhubung gue dan dia udah putus berarti gue juga harus cari rumah baru, dan rumah yang lebih nyaman daripada yang dulu, istilah anak muda jaman sekarang itu Move On  tapi moveon gak segampang yang gue pikir, ada rasa aneh yang dan gak biasa dihari pertamanya, gini aja deh, pasti kalo baru pindah rumah, rumah yang lama biasanya akan terlihat lebih nyaman dari rumah yang baru, pastinya kamar yang baru gak senyaman kamar yang lama. Dan, udara sekitar rumah baru itu khas, khas cat yang baru kering dan baunya bikin bengek. Kayak disumpel ketek.


Tapi itu dulu, mati satu tumbuh seribu.pastinya cepat atau lambat, semuanya akan terbiasa dengan lingkungan rumah yang  baru, terbiasa dengan kamar yang baru, dan pastinya juga dengan suasana rumah yang baru itu.


Bagaimanapun juga, walaupun udah terbiasa, rasanya masih ada aja yang sedikit mengganjal di kepala bukan?, jadi gue susah untuk ngelepasin dia dari kepala gue, kayaknya udah nyangkut begitu aja, kayak nama kita sendiri. Gimana caranya kita ngelupain nama kita sendiri, Pura-pura amnesia? Gak bisa,  jalan ditengah jalan raya dan berharap disambar mobil dan tiba-tiba jadi amnesia? Kalo amnesia, kalo ternyata harus say good bye sama dunia, gimana?.
Setelah beberapa hari berlalu, gue jadi nemuin cara move on dari dia, bentar ya, gue ngelap ingus sama air mata dulu.
                Oke, lanjut.

 Nah berikut adalah tips dari gue, kalo misalnya mau move on (baca: hasil merenung di goa, lima hari, lima malam):

Yang Pertama: Niat, semuanya berawal dari niat kalo mau move on tapi ogah-ogahan, dan gak punya dasar yang kuat, gimana bisa?.


Yang Kedua: Usahain hapus semua pesan yang ada hubungannya sama dia, kalo gak kuat minta temen yang hapusin, kalo perlu, suruh saingan kita waktu berusaha dapetin dia hapus pesan itu, dan pastinya dengan senang hati dia akan menghapus semua pesan-pesan itu tanpa bayaran, tapi jangan hapus nomor kontaknya, siapa tau masih ada tugas yang belum selesai dan kita mau minta contekan tugas sama mantan.

GUE TAU INI BERAT

Yang Ketiga: Santai aja kalo ketemu dia dijalan woles, gak usah pura-pura mati kayak istilahnya Raditya Dika, nah daripada pura-pura mati, mendingan pura-pura ayan/epilepsy sambil menyemburkan cairan berupa busa dari mulut. Nah ada yang lebih keren lagi nih, kayak temen sebangku gue, dia pura-pura Kesurupan. dia pura-pura kesurupan sambil teriak-teriak “KELUAAARRR DARI KEPALAKU!! KELUAARRRR!!!” dan gue gak tau itu pura-pura apa enggak, atau mungkin aja itu curhatan pribadi dia, Ya hanya dia dan Tuhan yang tau.


Yang Keempat: Kalo misalnya terpaksa banget ngobrol sama dia, usahain jangan menyinggung masa lalu, terlebih lagi ngemis-ngemis minta balikan sampe meluk-meluk kaki dia, dengan berlumeran ingus kental nan kehijauan, jangan ya, JANGAN!!


Yang Kelima: Nah kalo semua saran gue udah lo lakuin, tapi tetep gagal jangan nyerah dulu cara yang paling ampuh adalah menemukan pengganti dia, gimana caranya nyari pengganti kalo ngelupain dia aja gak bisa? Gini ketika putus sama dia, coba cari kegiatan lain yang positif sebagai pelampiasan. Misalnya jadi focus belajar, atau hang out bareng sama temen-temen. Dan pelan tapi pasti lo bakal lupa sama masa lalu itu


Tapi ketika lo dalam proses move on jangan buru-buru cari pacar baru, Cuma buat sebagai pelampiasan, bukan karena apa-apa tapi itu sama aja lo udah nyia-nyiain dia yang jadi pelampiasan lo, kalo misalnya ternyata dia lebih baik dari mantan lo gimana? Kecewa, mungkin satu kata yang bisa mewakili perasaan dia.
So kesimpulannya break aja dulu tentang semua masalah yang berhubungan sama hati  dalam proses move on ini, coba untuk focus dulu sama hidup lo sendiri, kembali ke pepatah paling tua yang pernah gue tau “Kalo cinta gak akan kemana-mana”

-Fadlu (@fadlupratama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar