Minggu, 09 Juni 2013

Apa cinta yang mati bisa hidup lagi?

Fatin Shidqia Lubis siapa sih yang gak tau Fatin? Buat yang belum tau Fatin adalah pemenang pertama dari ajang X Factor Indonesia season pertama. eniway do’i baru aja ngeluarin single pertamanya yang berjudul “Aku memilih setia” yap, selamat buat Fatin. tapi kali ini postingan gue bukan ngebahas tentang Fatin dan single terbarunya, tapi karena single terbarunya itulah gue mendapat ide untuk membuat postingan gue ini, jadi begini ceritanya:



Kejadiannya suatu sore gue lagi asik-asiknya main twitter di ruang keluarga sambil ngecek tab mention yang jarang sekali ter-update (karena memang jarang ada orang yang mention gue). seketika nyokap gue dateng, duduk disebelah gue yang lagi autis, mengambil remote TV dan menyalakannya. Tadinya gue biarin aja dia nonton insert investigasi sampai dia memulai obrolannya sama gue.

“Mas, kamu tau gak lagu barunya Fatin?” Nyokap memulai obrolan. Gue cuma manggut-manggut aja saat itu, sambil mata gue gak lepas dari HP.

“Iya nih, mama lagi suka sama lagu barunya. Suaranya bagus deh.” Kata dia.

“Loh.. bukannya waktu itu mama bilang suara Fatin aneh?” balas gue. nyokap gue sempet sewot mengenai suara Fatin, dia bilang suaranya pas Fatin nyanyi lagu grenade kayak lagi ngemut kodok, tapi anehnya sekarang dia bilang suka suara Fatin.

“Yang ini beda. Lagunya cocok sama tipe suaranya Fatin, mama lebih suka dia nyanyi lagu bahasa Indonesia.” Komen nyokap. Saat itu gue berpikir nyokap gue cocok jadi juri lomba nyanyi tingkat RT saat kita 17-an nanti, karena dia ngomenin masalah Fatin sampe bawa-bawa tipe suara segala.

Tiba-tiba nyokap gue ngecilin volume TV, dan dia menyetel lagunya Fatin lewat HP nya. Nah ini dia liriknya:
T'lah banyak cara Tuhan menghadirkan cintaMungkin engkau adalah salah-satunyaNamun engkau datang di saat yang tidak tepatCintaku telah dimiliki…

Inilah akhirnya harus kuakhiriSebelum cintamu semakin dalamMaafkan diriku memilih setiaWalaupun ku tahu cintamu lebih besar darinya

Maafkanlah diriku tak bisa bersamamuWalau besar dan tulusnya rasa cintamuTak mungkin untuk membagi cinta tulusmuDan aku memilih setia…

Saat kita berdua lagi dengerin lagunya Fatin, Nyokap lanjut ngomong sama gue:
“Liriknya bagus ya, cocok sama keadaan di Indonesia yang tingkat perceraiannya lagi naik.”
Belum sempet gue ngomong nyokap gue udah nyamber lagi. “Kamu tau gak, cinta saat masa-masa kita sekolah itu gak bakal kita lupain lho, cinta saat SMA itu bahaya.”

“Maksudnya?” Kata gue sambil kebingungan, masa sih cinta saat SMA bahaya? pikir gue.

“Banyak temen-temen mama yang hampir cerai gara-gara ketemu mantan pacarnya saat mereka masih SMA pas mereka reunian, ya bukan cuma gara-gara reunian, adanya twitter sama facebook juga berperan.”
Gue diem aja dengerin penjelasan dia, persis kayak anak ayam yang baru lahir dan kupinya lagi di adzan-in.

“Waktu itu mama ketemu sama orang yang naksir mama, tapi mama gak suka soalnya dia culun, dia nanyain gimana kabar mama sekarang, tapi cara nanyanya itu beda.”

“beda gimana?”

 “beda mas, susah dijelasinnya bagaimanapun dia pernah suka sama mama, kamu tau gak mas, ketemu sama orang yang pernah kita sukain itu membangkitkan kenangan lho.”

Karena gaya ngomongnya dia, saat itu gue berasa nggak lagi ngomong sama nyokap, tapi udah kayak ngomong sama ABG yang lagi demam-demamnya gara-gara Super Junior.“Mama pernah punya pacar waktu SMA?” tanya gue.

“enggak ada, mama gak punya pacar waktu SMA. temen-temen mama culun, tapi ada temen mama yang suka sama kakak kelas, pas reunian ekspresi mukanya berubah gitu biarpun mereka udah punya anak dari pernikahan mereka masing-masing.”

Gue semakin tertarik sama perbincangan sore kita ini. Kalo @radityadika berpikir dalam filmnya Cinta BrontosaurusApakah cinta bisa kadaluarsa” gue jadi berfikir “Apa cinta yang udah kadaluarsa dan mati bisa hidup lagi?”. Nyokap gue termasuk orang yang aktif kalo kita lagi berbincang, sebelum gue nanya dia udah ngomong lagi. Udah kayak orang yang minta nambah tapi makananya masih penuh.

“Jadi, cinta saat sekolah itu bahaya. Papa udah mengawasi hal ini, makanya pas dia tau kalo kamu punya pacar dan kalian berbeda. Dia langsung nyuruh kamu putus kan?”

Well dari nyokap tiba-tiba dia nyambung ke bokap, jujur aja, menurut gue, hidup gue ini semi FTV. Kenapa? Soalnya gue udah susah-susah dapet pacar yang baik-baik, cantik, dan entah bisikan setan mana yang membuat dia mau sama gue. saat gue cerita ke ortu, malah disuruh putus.

 Susah-susah gue berbohong, muter otak biar dapet alasan kenapa bisa putus dan walau pada akhirnya tetep aja gue yang diputusin. Saat lagi kejer-kejernya nangis gue berpikir, cewek itu gak mau kalo diputusin cowok, maunya mereka yang mutusin. Jadi tugas cowok adalah nembak, dan tugas cewek adalah mutusin.

Alesan bokap nyuruh gue putus cuma satu, kita beda. Bukan karena kita beda pendapat karena menurut gue, gue adalah orang yang ganteng. Dan menurut dia, gue itu jelek. Tapi karena kita beda agama, sungguh sensitif memang. Entah kalau kita sama-sama berdo’a entah do’a siapa yang bakal dikabulin. “Tuhan memang satu, kita yang tak sama” #tsaah

Gue jadi teringat obrolan gue sama bokap, sebelum gue ngirim sms minta putus (sungguh banci memang, nembak secara langsung, putus lewat sms). Jadi bokap gue bilang begini: “udahlah mas, kamu masih muda. Masih banyak ikan di laut.”

gue diem, mencerna kata-kata bokap gue, dan pada akhirnya gue berucap “ikan emang banyak di laut, tapi akunya gak pinter mancing. Ditambah lagi aku gak seberani nelayan-nelayan timur yang nekat lompat buat nombak paus di laut.”
BERBURU PAUS? ULULULU

Sekarang gantian bokap gue yang terdiam, akhirnya gue beranjak ke kamar, meninggalkan bokap gue. dan gue ngirim sms minta putus yang pertama, dan seperti diatas, mantan gue gak mau. Sempet ngadem beberapa hari tanpa sepengetahuan ortu gue, dan pada akhirnya tetep gue yang diputusin sama doi.

Sungguh aneh memang ada cowok yang nurut sama kata ortu mengenai hal cinta, padahal banyak diluar sana orang yang masih lanjut hubungannya walau ditentang sama ortu, tapi kenyataannya ada, gue. mau bilang gak cinta karena pasrah? Mana ada orang yang baru jadian rela tiba-tiba putus. Cinta itu gak berhenti secepat jatuh hati.

Dengan adanya takdir absurd gue yang udah kayak FTV. Gue jadi inget sama temen-temen nyokap gue yang pada hampir cerai itu. Apa cinta gue yang mati juga bisa hidup lagi.. tapi yaudahlah, gue udah tutup buku sama dia.

Mungkin pada akhirnya gue ditinggal move on, dan gue cuma bisa tersenyum ngeliat dia jalan sama pacar barunya kelak sementara gue masih bergelut dengan bayangan-bayangan lama.


Dan setelah panjang lebar obrolan gue sama nyokap, gue jadi tau apa yang harus gue lakuin. Gue harus segera move on, fokus sama mimpi gue, mendapat cinta yang baru, dan menjaganya agar tidak mati walau ada kemungkinan cinta yang mati bisa hidup lagi, mencegah itu lebih baik bukan?



@fadlupratama.


N.B.:   untuk kamu yang disana, iya ini untuk kamu.
            untuk kamu yang mengerti bahwa kalimat ‘kamu’ disini ditujukan ke kamu.
           
            kita memang sudah selesai, tapi cinta aku belum, ya karena kamu tahu. “cinta gak mudah berhenti secepat jatuh hati.” Mungkin pada akhirnya rasa ini akan benar-benar pergi. Entah itu mati, atau menguap perlahan, mungkin jatuh kelain hati. Tapi intinya (mungkin) akan hilang, ya tapi kamu tahu, tidak secepat itu. Tidak-secepat-itu.

10 komentar:

  1. aaakk.. jadi terharu gue..
    btw tulisan lo cocok buat bikin novel
    ciyus.. udah alus gitu deh.. tinggal ngambil topik yang bagus terus diperpanjang ya ga? wah pati sukses deh..
    great job!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih tapi gue emang udah nulis naskah sih, tapi baru jadi 2 bab doa;ain aja~

      Hapus
  2. aaah, kok jadi sedih gini ya ujung ceritanya? hahaha
    ayok ayoook semangat move on :)

    BalasHapus
  3. Hahaha~ ga apa-apa putus setidaknya masih ada yang sayang sama loe yaitu ibu.. buktinya bisa diajak ngobrol..

    Mangat move-on

    BalasHapus
  4. wah ko kaya aku ya, aku dulu pas SMA pacaran sama cowok beragama christian dan ortu nentang akan hubungan itu pada akhirnya putus juga dah, huhu T_T

    BalasHapus
  5. banyak yang cerai lantaran ketemu sama mantan pacarnya, makanya jangan pacaran waktu muda, langusng nikah aja, kalau mau pacaran pastiin dulu dia bakaan jadi yang pertama dan terakhir...

    gue suka fatiin, suka banget, :* luph fatin...

    salam kenal ya,, gue anak KK

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya mustahil deh cinta pertama jadi cinta terakhir.. sumpeh..

      btw gue juga sama2 anak KK salam kenal

      Hapus