Jumat, 05 September 2014

Seminggu Sebelum Kuliah







Pagi ini gue nggak bisa tidur lagi. Ini ketiga kalinya gue nggak bisa tidur malam, gue udah nyoba-nyoba tidur dari jam sebelas, tapi sampai jam empat pagi gini gue tetap nggak bisa tidur (padahal gue udah minum obat tidur). Pagi ini rasanya beda, serasa ada hal di kepala gue yang harus keluar, yang harus gue ceritain.

Sebenernya gue masih sering nulis. tapi ya gitu, gue punya kebiasaan buruk; gue jarang menyelesaikan sesuatu. Jadi tulisan yang kehenti gara-gara ‘mentok’ akhirnya gue tinggalin, dan itu semua numpuk di folder draft.


Pagi ini rasanya beda. Entah kenapa yang keinget adalah masa-masa SMA gue semua terasa ditarik ulang. Dan entah kenapa, rasanya gue pengin nulis sesuatu dari itu semua.

Sekolah:


gue sekolah di SMAN 106 Jakarta. Bukan sekolah terkenal juga sih, apalagi favorit, biasa aja kayak sekolah pada umumnya. kalo dicari di goolepun gambarnya dikit, bahkan sekolah itupun bukan pilihan pertama gue. Tapi ya mau gimana lagi? Takdir gue disitu. Mungkin lo pernah nonton film atau ftv dengan cerita klisenya bagaimana seseorang bisa suka satu sama lain padahal tadinya nggak bermaksud saling kenal. Nah kira-kira begitu hubungan gue sama sekolah ini.

Kep-Sek:

Selama tiga tahun gue sekolah. Ada dua pergantian kepala sekolah yang terjadi di sekolah gue. dan orang yang baru datang ini adalah Kepala Sekolah terbaik yang pernah gue temuin. Namanya Hj. Elslee Y.A. Sheyoputri M.hum. dia pindahan dari sekolah Indonesia yang ada di Malaysia, iya Malaysia.



Dulu gue sempat jadi anggota OSIS dan suatu hari gue dapet tugas bikin logo OSIS. Darisanalah gue dapet pengalaman sama beliau. Orangnya perfeksionis, dan walaupun sempet tinggal di Malaysia nasionalismenya tinggi. Satu dari dua minggu liburan semester gue habisin dengan bolak-balik kesekolah cuman buat ngasih hasil desain gue (yang sempat ditolak berkali-kali). di ruang kep-sek kita cuma berdua, dari mulai ngomongin desain, sampe beliau nyeritain pengalamannya di Malaysia. Sebenernya gue dapet tugas desain logo karena korban temen-temen gue sesama OSIS. Ya, gue yang paling suka ngegambar disana dan jatuhlah perintah itu ke gue. saat beliau ngeliat file-file gambar gue beliau bilang begini 

“wah kamu harus ketemu sama anakku nih, dia juga suka ngegambar-gambar juga”

gue cuma cengengesan aja pas beliau bilang begitu. Kata temen gue yang pernah liat anaknya, anaknya cantik. sialnya sampe luluspun gue belum pernah ketemu.

Rasanya gue ngobrol sama dia nggak sekaku yang dibayangkan. beliau bisa berbaur sama muridnya jadi kayak obrolan sebaya, walaupun gue tau pengalaman beliau jauuuuuh diatas gue.

Guru:

Kalo ditulisin semua bakal panjang banget pastinya. Tapi yang jelas dibagian ini gue cuman mau minta maaf dan terimakasih yang banyak.

Maaf untuk; 
Bu Wiz karena pernah tidur saat jam matematika
Bu Yuyu karena pernah tidur di jam bahasa Indonesia
Bu Wennie karena pernah tidur hampir dua jam full pelajaran Geografi
Mam Martha karena pernah tidur di jam bahasa Inggris
Pak Malik karena nggak sengaja kena kepala bapak waktu ngelempar bola pas olahraga. Dan maaf untuk semua guru kalo saya pernah buat salah.


Terimakasih, untuk semua guru di sekolah yang saya nggak bisa sebutkan satu-satu. Terimakasih banyak.


Teman-Teman X, XI, XII:

Best part of history. Kalo gue sempat bilang bagian Guru-Guru bakal panjang kalo ditulis semua. Yang ini bakal lebih panjang lagi, dan maaf kalo gue cuma nulis beberapa momen dari kalian semua.

Momen yang paling gue inget saat kelas X adalah waktu kita syuting biking video klip tugas sinematografi. Dimana kita semua disibukkin dengan bikin skrip, nyari lokasi, ngatur hal ini-itu. Sampai dimarahin orang waktu kita ngambil gambar di hutan pinus.



Kelas XI, momen yang paling gue inget adalah study tour bali-jogja, momen dimana kita sama-sama menua di bis, pantat panas yang sempat merata adalah buktinya. Perjalanan yang asik bareng kalian yang akhirnya menghasilkan beberapa meme yang bisa diliat disini. 




Oh iya, di Bali gue juga pernah ditanya arah jalan sama bule Arab, yang bahkan bahasa inggrisnya masih mendingan gue. sungguh percakapan antara bahasa Inggris, Indonesia, Arab, dan Tarzan yang akan gue inget.

XII Senior Year! Terimakasih buat kalian semua yang menciptakan ending yang sempurna dari tiga tahun ini. Dan momen yang paling gue inget adalah ketika kita foto-foto untuk buku tahunan. Ngerasain Ujian Nasional. Sampai nginep di villa bareng-bareng buat nutup tahun terakhir kita. Thank’s guys!




Hal-hal kecil yang nggak pernah diduga tapi akhirnya kejadian:

1) Gue masih inget ketika dikelas X temen gue bagus sempet nanya ke gue.

Bagus : “Dlu lo kira-kira nanti kepengin punya pacar nggak pas SMA?”


Gue     : (kebingungan) “Hah? Ngg-nggak tau juga deh.. jalanin aja.”

Ditanya kayak begitu ditengah-tengah pelajaran tentu aja bikin gue kalap. Tapi siapa sangka, gue punya beberapa pengalaman di tahun kedua dan tahun terakhir.


2) Mungkin dibanyak sekolah ketika memasuki tahun ajaran baru selalu ngadain masa orientasi, sekolah gue juga begitu. Ketika masa orientasi biasanya para murid baru disuruh bikin surat cinta ke anak OSIS. Dulu waktu gue kelas X gue juga disuruh bikin, dan akhirnya gue tulis surat cinta itu berdasarkan surat cinta tiga tahun lalu, ketika gue ikut MOS di SMP. Agak kurang kreatif memang.

Gue sendiri nggak nyangka bakal masuk OSIS, karena memang dari awal nggak pernah punya niatan. Yang gue pikirin tiap kali ngebayangin OSIS adalah sekelompok kakak kelas yang belagu dan jahat-jahat akibat kebanyakan ngeliat kelakuan Bom-Bom kepada Marshanda di film Bidadari.

Dan ketahuan kalo dulu suka nontonin  Bidadari.

Pendeknya, akhirnya gue masuk OSIS. Dan ketika gue ngejalanin ‘tugas’ buat ngawas masa orientasi gue sempat dapat beberapa surat cinta dari mereka-mereka yang khilaf. Surat-surat itupun sampe sekarang masih ada di tas yang gue pake pas SMA. Sempet ketahuan sama orang rumah karena adek gue Dio yang waktu itu mau minjem penggaris gue. nyokap gue sempet bilang “nggak ditaro diluar aja, di masukin kemana gitu? Nanti rusak, kapan lagi kamu dapet begituan.”

Diakhiri dengan kalimat tambahan “Kamu nggak ngedukun kan?”

Tapi akhirnya gue nolak untuk naruh itu di tempat lain, karena gue mikir suatu hari gue nggak make tas itu lagi. Jadi, biar tas itu punya barang yang cukup untuk diingat ketika gue ngeliat tas itu lagi.


3) Masuk OSIS, dan dapet surat khilaf adalah hal-hal yang nggak pernah gue duga. Tapi ada satu hal lagi yang nggak pernah gue duga. INI LEBIH SHOCKING;


Entah apa yang mendasari beberapa adik kelas gue bikin begituan. Perasaan gue juga nggak pernah belajar buat nyuci otak. Gue juga nggak terlalu menanggapi dengan serius. Mungkin Cuma buat lucu-lucuan, tapi gue nggak nyangka mereka akan sekhilaf itu. Mungkin kepala mereka terbentur di wc sekolah.
Tapi hal-hal yang kayak begitu nggak lama, beberapa minggu kemudian udah nggak ada lagi. Mungkin mereka mulai sembuh.

***

Semua ingatan tiga tahun itu kayak kembali lagi pagi ini. Dan satu yang pasti, masa-masa seperti itu semua pastinya nggak akan kembali lagi. Karena hidup terus berlanjut. Dan semua orang akan datang dan pergi sesuai dengan masanya. Tapi untuk itulah gue menulis ini. untuk terus mengingat orang-orang yang pergi.

Jam dinding kamar gue nunjukin pukul 04.27 WIB. Tiba-tiba nyokap buka pintu kamar.

“kamu nggak tidur lagi hari ini?”

Gue menoleh ke dia dan menggelengkan kepala, tanpa ngomong apa-apa.

“kamu nggak bisa begini terus Fadlu, minggu depan kamu kuliah”

Kata nyokap sambil ninggalin gue, lalu bangunin anggota keluarga gue yang lain.

@fadlupratama september, 2014.

sumber gambar:

www.twitter.com
http://instagram.com/deco.creativestudio

dokumen pribadi

oke! terimakasih untuk kalian yang sudah baca. punya pengalaman selama masa-masa sekolah juga? atau punya postingan blog juga? bisa dong bagi-bagi kesini.

sampein aja semua di kolom komentar ya terimakasih.

4 komentar:

  1. Ceritanya masih berat ninggalin SMA. Tapi sukses ya ngampusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan berat juga sih. cuma, yaa keinget aja. oke-oke thanks ya..

      Hapus
  2. Wkwk dulu gue pernah khilaf ternyata jadi fadluistic wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lol kita pernah jadi fadluistic zel. Untung cuma beberapa hari doang kita kerasukan

      Hapus